Mengenali Sabuk Pengaman Keselamatan

Mengenali Sabuk Pengaman Keselamatan

apaini

Hai Moregen! Kalian yang sering bepergian menggunakan mobil pasti udah ga asing dong dengan alat ini..
Udah pada tau belum, #apa ini?

Ini adalah Seatbelt, sabuk pengaman keselamatan yang ada di mobil. Seatbelt ini ada bermacam jenis lho Moregen. Pada umumnya seatbelt yang ada di mobil ada dua tipe sabuk yaitu sabuk 2 titik dan sabuk 3 titik.

Sabuk 2 titik ini bertumpu pada 2 titik, seperti namanya. Ada dua sabuk yang yang digunakan pada tipe ini, yang pertama sabuk pangkuan (pemakaiannya melintang di atas pangkuan) dan kedua sash (pemakaiannya melintang dari bahu dan ukurannya dapat disesuaikan). Sabuk tipe ini biasanya digunakan untuk penumpang bus.

Sabuk 3 titik bentuknya diagonal dan bertumpu pada 3 titik. Sabuk ini paling sering dijumpai di kendaraan roda 4 untuk penggunaan harian. Ada 2 macam sabuk pada tipe ini yaitu manual (ukuran panjang pendek sabuk diatur dengan menarik sabuk secara manual) dan otomatis (jika sabuk tertarik dengan kuat, maka sabuk akan mengunci secara otomatis)

SEATBELT UNTUK IBU HAMIL

Moregen tau ga, ternyata seatbelt juga ada yang untuk ibu hamil lho
Udah tau belum, #apa ini?
Untuk wanita yang sedang hamil udah tersedia seatbelt khusus, namanya Maternity Seatbelt. Selain berfungsi sebagai sabuk keamanan, desain sabuk ini juga dirancang agar tidak berbahaya untuk perut ibu dan janin yang dikandungnya. Bahannya juga lembut, nyaman aman bagi ibu hamil.

Desain seatbelt ini ada dua jenis lho Moregen. Jenis yang pertama menyilang dari paha kiri ke kanan dan jenis lainnya menyilang pada masing-masing paha.

 

SEATBELT KHUSUS ANAK-ANAK

Moregen udah tau belum, ternyata seatbelt dewasa tidak boleh digunakan pada anak-anak. Tapi tenang..sekarang udah ada seatbelt khusus anak-anak lho,
Udah tau belum, #apa ini?

Berbeda dengan sabuk pengaman dewasa, sabuk pengaman untuk bayi dan anak-anak mempunyai bentuk yang berbeda. Sabuk pengaman ini memiliki jok khusus untuk dipasang di kendaraan.

Lazimnya menggunakan jok khusus yang mempunyai sabuk 5 titik diletakkan di jok belakang mobil dan pemasangannya dikaitkan pada sabuk pengaman standar titik 3 bawaan mobil.
Fungsi sabuk pengaman ini melindungi bayi dan anak-anak dari benturan serta membatasi gerakan anak saat di dalam mobil.
Wah Moregen, jadi makin lengkap ya peralatan keamanan untuk berkendara
Jangan lupa untuk selalu menggunakan seatbelt saat berkendara dengan mobil ya Moregen

Leave a Reply