Tantangan Pembangunan Insfrastruktur di Era Pemerintahan Jokowi JK

Tantangan Pembangunan Insfrastruktur di Era Pemerintahan Jokowi JK

Infrastruktur

Infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam mempercepat proses pembangunan nasional dan juga memiliki peran penting sebagai penggerak pertumbuhan roda ekonomi. Apabila pergerakan ekonomi di Indonesia tumbuh menuju ke arah yang lebih baik, maka akan menjadi daya tarik bagi Investor asing untuk melakukan ekspansi di bidang ekonomi dengan cara menanamkan Investasi di Indonesia.

Apabila keadaan infrastruktur pada suatu negara masih kurang memadai, berarti perekonomian di negara tersebut masih berjalan dengan cara yang kurang efisien. Ini akan berpengaruh terhadap daya tarik Investor, khususnya investor asing untuk berinvestasi di Indonesia karena para Investor akan merasa khawatir untuk berinvestasi di sebuah negara yang Infrastrukturnya dirasa belum memadai.

Infrastrutur yang kurang memadai

Infrastrutur yang kurang memadai juga dapat menyebabkan terjadinya ketidakadilan sosial di masyarakat seperti biaya logistik sembako yang tinggi, sulitnya masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan, sulitnya akses anak-anak untuk pergi ke sekolah karena jarak sekolah yang jauh dan lain-lain.

Kurangnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang ada merupakan cerminan dari lambatnya proses pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan oleh pemerintah, sehingga berdampak terhadap lajunya pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Dalam Global Competitiveness Report 2017-2018, yang dirilis oleh lembaga World Economic Forum (WEF), Indonesia berada pada peringkat ke-45 dari 140 negara dalam Indeks Daya Saing Global akan tetapi Indonesia berada pada peringkat ke-71 (skor 67) dalam hal pembangunan infrastruktur.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah acap kali menemui kendala dalam hal pelaksanaan pembangunan infrastruktur salah satunya adalah keterbatasan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sementara kebutuhan infrastruktur di Indonesia masih tinggi yang menyebabkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan terpaksa ditunda bahkan sampai tidak jadi dilaksanakan.Image result for proyek mangkrak"

sumber : http://www.garudayaksa.com/

Hermawan

Leave a Reply