Dampak Spasial Perkembangan Pabrik Rokok Terhadap Lahan Pertanian Di Kabupaten Kudus

Dampak Spasial Perkembangan Pabrik Rokok Terhadap Lahan Pertanian Di Kabupaten Kudus

Dampak Spasial Perkembangan Pabrik Rokok Terhadap Lahan Pertanian Di Kabupaten Kudus
Kontribusi sektor industri terhadap pendapatan nasional menggambarkan sejauh mana tinggkat industrialisasi telah dicapai oleh suatu negara. Bagi negara-negara yang sedang berkembang peranan sektor pertanian masih dianggap lebih unggul dan mendominasi seluruh kegiatan sektor ekonomi lainnya. Peranan sektor industri belum mampu mengungguli sektor pertanian yang hampir memberikan sumbangan lebih dari separuh terhadap pendapatan nasional bruto. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui pola sebaran spasial pabrik rokok, proses spasial pabrik rokok dan dampak spasial perkembangan pabrik rokok…

LATAR BELAKANG

Fenomena alih guna lahan pertanian ke lahan industri secara teoritis dapat dijelaskan dalam konteks ekonomika lahan yang menempatkan sumber daya lahan sebagai faktor produksi. Karena karakteristiknya, maka secara alamiah akan terjadi persaingan dalam penggunaan lahan untuk aktivitas pertanian dan aktivitas industri.

Gejala alih guna lahan dari penggunaan persawahan menjadi non persawahan semakin meningkat, khususnya bagi suatu kota yang berpenduduk lebih dari satu juta jiwa. Gejala ini cenderung terjadi di desa-desa di wilayah pinggiran kota dimana lahan persawahan masih tersedia cukup luas (Bachriadi,1997: 2).

Kegiatan pembangunan industri adalah salah satu kegiatan sektor ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kontribusi sektor industri terhadap pendapatan nasional menggambarkan sejauh mana tinggkat industrialisasi telah dicapai oleh suatu negara. Bagi negara-negara yang sedang berkembang peranan sektor pertanian masih dianggap lebih unggul dan mendominasi seluruh kegiatan sektor ekonomi lainnya.

Peranan sektor industri belum mampu mengungguli sektor pertanian yang hampir memberikan sumbangan lebih dari separuh terhadap pendapatan nasional bruto. Karena itu pembangunan sektor industri sering mendapat prioritas utama dalam rencana pembangunan nasional bagi kebanyakan negara berkembang.

Sektor industri dianggap sebagai perintis pembangunan ekonomi karena sektor ini umumnya jauh bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan sektor pertanian (Wie, 1994 dalam Ginting, 2007: 12). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pola sebaran spasial pabrik rokok, proses spasial pabrik rokok dan dampak spasial perkembangan pabrik rokok terhadap lahan Pertanian di Kabupaten Kudus.

Dalam penelitian ini penulis mencoba mengenali kondisi lahan pertanian yang beralih guna menjadi pabrik rokok dalam menghadapi situasi kritis dengan mengetahui dampak-dampaknya terhadap lahan pertanian. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengurangi dampak-dampak dari pembangunan pabrik rokok terhadap lahan pertanian dengan memperhatikan dampak lingkungan.

Leave a Reply

Rate this review: