Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Demak

Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Demak

Evaluasi Sebaran Lokasi Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Demak
Perkembangan bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) meningkat setiap tahun. Hal ini sejalan dengan tingkat konsumsi BBM sehingga berpengaruh terhadap apa yang diperlukan oleh konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pemikiran untuk mengatasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah SPBU di wilayah Kabupaten Demak sebanyak 20 buah dan semua SPBU dijadikan sampel. Sampel untuk kepuasan konsumen menggunakan teknik incidental sampling. Variabel penelitian adalah (1) Variabel sebaran lokasi SPBU: jumlah, jarak terdekat, dan lokasi SPBU, jumlah…

LATAR BELAKANG

Manusia terus bergerak dari tempat asal menuju ke tempat tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya yang mana terdapat berbagai macam kendala, seperti keterbatasan jarak, waktu dan biaya.

Hal ini mengakibatkan munculnya sebuah keputusan yang terkait dengan pemilihan lokasi tujuan yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang dikenal dengan perilaku keruangan dan mendorong banyaknya bermunculan perusahaan, baik di bidang barang maupun jasa.

Salah satunya adalah penyediaan bahan bakar. Bahan bakar menjadi kebutuhan primer yang sangat diperlukan manusia dalam menunjang segala aktifitasnya seperti industri, pabrik, rumah tangga hingga bidang transportasi.

Demak sebagai kabupaten dengan sektor industri yang sedang berkembang mempunyai daya tarik bagi para tenaga kerja baik dari Kabupaten Demak sendiri maupun daerah sekitarnya yang berakibat pada peningkatan aktivitas dan kepadatan penduduk.

Peningkatan jumlah kendaraan Kabupaten Demak semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 jumlah kendaraan sebanyak 76.449 buah, kemudian naik pada tahun 2015 menjadi 77.574 buah dan tahun 2016 berjumlah 83.918 buah (BPS, 2016). Peningkatan tersebut menyebabkan adanya konsumsi bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor semakin tinggi dan cenderung tidak efisien.

SPBU merupakan sarana pelayanan pengisian bahan bakar kendaraan bermotor yang disediakan untuk pemenuhan kebutuhan bahan bakar kendaraan bermotor masyarakat umum, dimana manajemen pemasarannya ditangani oleh pemerintah pusat melalui undang-undang dan peraturan pemerintah.

Kepuasan konsumen adalah suatu strategi dasar bisnis atau spesifikasi yang menghasilkan barang dan jasa yang membuat pelanggan secara mudah terpenuhi kebutuhan dan kepentingannya. Menurut Kotler (2009:138), kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa setelah membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk terhadap harapan mereka.

Jika kinerja di bawah harapan maka konsumen tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas. Pengembangan standar pelayanan juga dilakukan dari pihak Pertamina guna memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Standar pelayanan ini seperti pelayanan staf yang terlatih dan bermotivasi, jaminan kualitas dan kuantitas, peralatan yang terawat, format fisik yang konsisten serta penawaran produk pelayanan bernilai tambah. Sesuai uraian diatas, maka peneliti ingin membuat suatu pemetaan dan analisis dengan judul “Evaluasi Sebaran Lokasi dan Tingkat Kepuasaan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Demak”.

Leave a Reply

Rate this review: