Air Terjun Niagara Pernah Dikeringkan?

Air Terjun Niagara Pernah Dikeringkan?

Hallo Moregen! Apa Kabar? Lama ya rasanya ga jumpa online lagi di website geomore…

Air Terjun Niagara. Iya, Air Terjun yang berada di perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat (New York) dengan Provinsi Kanada Ontario. Merupakan salah satu 7 keajaiban di dunia lho. Penasaran nggak, dibalik keindahannya yuk kita intip bagaimana geologi dari Air Terjun Ciptaan Tuhan Yang Amat Indah Ini!

Untuk proses pembentukan air terjun itu sudah pernah Kakak jelaskan pada segmen pembentukan air terjun Curup Gangsa di Way Kanan ya. Udah baca kan? Kalau belum dibaca, cepat deh dibaca dulu biar gak plot twist sama Cerita Geologi Air Terjun Niagara ini! Kurang lebih proses terbentuknya air terjun pada umumnya sama kok Moregen!

Geologi Air Terjun Niagara

Sumber: teahub.io

A. Stratigrafi Batuan Niagara

Sumber: Wikipedia

Formasi Queenstone

Untuk stratigrafi batuan pada air terjun niagara memiliki formasi Queenstone. dengan litologi batuan serpih

Merupakan formasi geologi dari Atas Ordovician Berusia Maysvillian/Maysville Ke Tahap Richmondian pada singkapan di Ontario, Kanada tepatnya pada sepanjang sisi-sisi utara dan timur dari Niagara Escarpment, serta sisi sebelah timur Ottawa dan NewYork Amerika Serikat (Tepat Selatan Danau Ontario).

Ada juga singkapan khas dari formasi ini tersingkap di Bronte Creek tepat di Sebelah Selatan Queen Elizabeth Way. Formasi ini merupakan bagian dari Delta , Queenston Baji Klasik, terbentuk sebagai respon erosi terhadap Orogeny Taconic. Secara litologi, formasi ini didominasi oleh serpih merah dan abu-abu dengan lapisan batulanau tipis, batu gamping dan batu pasir. Sebagai bahan yang terdirii dari irisan klastik, menjadi lebih kasar di dekat batuan sumber Taconic, lapisan batu lanau, gipsum dan batu pasir dominan di daerah New York.

 

B. Fakta Unik Air Terjun Niagara

Sumber: wallpiper.com

Sumber: Kumparan Travel (Pixabay)

Tahukah moregen, ternyata Air Terjun Niagara memiliki fakta unik loh, selain sebagai 7 keajaiban di dunia, Air Terjun Niagara memiliki Volume Air terbesar di Dunia. Sekitar 28 juta liter atau setara 700.000 galon air yang mengalir setiap detiknya dari atas Air Terjun Niagara. Juga sebagai Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA); Merupakan Air Terjun yang terdiri dari kumpulan Tiga Air Terjun yaitu Horseshoe Falls, American Falls, dan Bridal Veil Falls.

Merupakan Air Terjun Termuda; Sedangkan Niagara Falls State Park adalah Taman Negara Tertua di Amerika.

 

Air Terjun Niagara Pernah Dikeringkan? Kenapa ya Alasannya?

Sumber: liputan6.com

Sumber: liputan6.com

Tahukah moregen, dibalik keindahannya dan juga merupakan air terjun dengan memiliki debit air sangat tinggi di Amerika Utara, Air terjun ini pernah mengalami kondisi kering kerontang loh. Hal tersebut terjadi bukanlah karena musim kemarau yang parah atau juga musim dingin yang dapat membekukan airnya. Dikutip dari io9 oleh liputan 6 Tepatnya di Tahun 1969 Army Corps Enginesrs telah mengentikan laju air di Niagara. ‘Pengeringan’ Niagara yang sedang dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan itu bertujuan untuk meneliti geologi batuan yang ada dibagian bawah di mana air mengalir. Tentunya penelitian ini dilakukan untuk memastikan bahwa bebatuan, baik yang berada pada bagian bawah ataupun pada bagian atas Niagara, masih kuat untuk menahan laju aliran air sehingga tidak dapat menimbulkan erosi pada suatu saat nanti. Pada masa penelitian itu Air Terjun Niagara benar-benar kering layaknya sebuah daratan. Tanpa Air, serta hanya terdapat beberapa pipa-pipa yang menyemburkan sedikit air saja untuk menjaga kelembapan di daerah sekitarnya agar tetap terjaga.

 

Wah, terus aliran air niagaranya dialirkan kemana Kak?

Tenang, Moregen! Dalam porses pemberhentian berlangsung, Aliran Air Niagara dialiri air nya oleh para pekerja dengan cara mendirikan cofferdam sepanjang 600 kaki untuk mengalihkan arus air nya ke arah air terjun Horseshoes.

 

Cofferdam itu apa Kak?

Sumber: Buffalo News

Jadi Moregen, Cofferdam  merupakan sebuah pembatas sementara yang dipasang diseluruh daerah yang dialiri air dan dibuat dengan tujuan agar wilayah sekitar dapat kering selama proses pengerjaan berlangsung.

Gimana? Tertarik berkunjung ke Niagara?

REFERENSI

https://www.liputan6.com/global/read/2076087/1969-saat-air-terjun-niagara-kering

Batuan Sedimen (Pettijohn, 1975): Bab 6. GRAVEL, KONGLOMERAT, DAN BREKSI

https://en.wikipedia.org/wiki/Queenston_Formation

https://www.adventuretravel.co.id/blog/4-fakta-menarik-air-terjun-niagara

https://kumparan.com/kumparantravel/5-fakta-menarik-air-terjun-niagara-yang-jarang-diketahui-1540614582295027124

2 Comments

zoritoler imol Posted on8:47 am - Juli 2, 2022

Keep working ,remarkable job!

graliontorile Posted on7:22 am - Mei 17, 2022

Spot on with this write-up, I actually think this website wants way more consideration. I’ll in all probability be again to learn rather more, thanks for that info.

Leave a Reply